إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الثلج الساخن (تينجي راجا, ) الفوهة البيضاء في سومطرة

SALJU PANAS TINGGI RAJA, KAWAH PUTIHNYA SUMATERA

- الإعلانات -

0 132

سومطرة إندونسيا اليوم – الثلج الساخن تينجي راجا هو الفوهة البركانية التي غطاها الرماد الابيض الذي يشبه الثلج وقد غطّى الفوهة في معظم مساحتها والاكثر شيوعا بتسمية الفوهة البيضاء. إذا كانت لجزيرة جاوا تلك الفوهة البيضاء ومن ثم صارت، الفوهة البيضاءتينجي راجا هي الفوهة البيضاء الموجودة في جزيرة سومطرة فهي لا تقل جاذبية واثارة من الفوهة البيضاء  فهذه الحفرة شكلها مثل البحيرة وفي وسطها ماء الساخن بلون فيروزي أخضرالذي يفوح منه الدخان.

قد يهمك :السياحة في لومبوك عام 2018

الفوهة البيضاء في سومطرة تعد الوجهة التي ذائعة الصيت عند بعض السياح، وهي تقع في قرية دولوك تينجي رجا، منطقة سيلاو كاهين، سيمالونغون، سومطرة  الشمالية وبعض الناس يطلقون عليها الفوهة البيضاء “تينجي راجا” . وتستغرق الرحلة اليها 3 ساعات من ميدان للوصول إايها. و من ميدان ستمر على مناطق وعرة لوبوك باكام، دولوك ماسيهول، غالانغ، وبانغون بوربا  فالطرق فيها غير معبدة مليئة بالصخور خاصة عندما تقترب من منطقة الفوهة  البيضاء على بعد 10 كيلومترا. ومع ذلك، لا تزال  هذه المنطقة البركانية مليئة بالزوار ولا سيما في ايام العطلات.

قد يهمك : إعادة فتح منطقة كيليموتو السياحية

وللدخول إلى هذه المنطقة  تحتاج أن تشتري  التذاكر. يكفيك أن تدفع رسوم لوقوف السيارات  بقيمة 5000 روبية ومن موقف السيارات ستسير ومن ثم تمارس التسلق على تلة  بقدر 200 متر للوصول إلى الفوهة البيضاء تينجي راجا. فهيا إلى تلك المغامرة الرائعة التي تمتلئ  بالتحديات!

وهناك مميزات التي لا تملكها  الفوهة البيضاء سيويدي. مثل جريان مياه النهر المختلطة مع تسرب الماء الساخن. ولكن هذا الخليط من المياه لا يكون ساخنا. لذلك نجد الزوار يستحمون في هذا النهر الذي  ليس  ببعيد  عن الفوهة البيضاء.

قد يهمك : زيادة غرامة المخالفات في مقاعد البدلاء بالدوري الممتاز

وشكلت صفوف الصخور الجيرية التي تبدو كأنها البيض الكبيرالحجم على حافة الفوهة منظراً رائعاً  بالاضافة إلى  تدفق الماء الماء الساخن الذي يفوح  منه الدخان دائما, كأنها زخرفة على بركة الماء في قصر ملكي من عصور سحيقة  فلا تمل العين رؤيتها حقا.

بعض النصائح للسياح الذين ينوون زيارة موقع الفوهة البيضاء تينجي راجا :

  • أن تأتي في الصباح الباكر ويستحسن أن تأتي في يوم عادي ليست من أيام الاجازة. لأن في أيام الاجازة، المنطقة مزدحمة جدا فلا تستمتع كثيرا بجمالها الطبيعي.
  • أن تستخدم السيارات الخاصة، لأن وسائل النقل العام ليست متاحة في جميع الأوقات حول هذه المنطقة .
  • أن تكون السيارات الخاصة المستخدمة تتحمل على الطرق الوعرة. لأن السيارات العادية لا تتحمل الطرق المليئة بالحصى, الصخر، زلق، بل يوجد مطبات من الطين.
  • اسأل كثيرا السكان المحليين  للوصول إلى منطقة الفوهة البيضاء تينجي راجا، لأنه لا يوجد اي لوحات او اي من  الاشارات  ترشدك إلى هذه الوجهة السياحية .
  • حدد وقت العودة فلا تتأحر كثيرا وإلّا ستواجه بعض العقبات منزخلال  عبور الأشجار الكثيفة في منتصف الغابة  في ليلة ظلماء.

المترجم : هان هان علوم الدين | المصدر : ويساتا ناسيونال

المحرر : طلال الشايقي

Sumatera, Indonesialalyoum.com- Salju Panas Tinggi Raja adalah sebuah kawah yang didominasi dengan warna putih serupa salju atau yang lebih sering disebut Kawah Putih. Jika Pulau Jawa punya Kawah Putih Ciwidey, bisa dikatakan kawah Putih Tinggi raja adalah Kawah Putihnya Sumatera yang tak kalah menarik. Kawah Putihnya Sumatera ini mirip seperti danau. Di tengahnya terdapat air panas berwarna biru kehijauan yang mengeluarkan asap dari dalamnya.

Kawah Putihnya Sumatera ini adalah objek wisata yang jarang terekspos, terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Wisatawan lebih mengenal Kawah Putihnya Sumatera ini dengan nama Kawah Putih Tinggi Raja. Untuk menuju ke area Kawah Putihnya Sumatera dibutuhkan waktu 3 jam perjalanan darat dari Medan. Dari Medan Anda akan melewati Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, dan Bangun Purba. Anda harus bersiap menghadapi jalanan yang belum beraspal penuh bebatuan saat akan mendekati kawasan Kawah Putihnya Sumatera sepanjang 10 kilometer. Namun, kawasan Kawah Putihnya Sumatera ini tetap saja ramai dikunjungi khususnya pada hari libur.

Memasuki objek wisata kawasan Kawah Putihnya Sumatera Anda tidak perlu membeli tiket masuk. Cukup membayar uang parkir kendaraan yang Anda titipkan sebesar Rp. 5.000. Dari tempat parkir Anda cukup berjalan kaki dengan sedikit menanjak bukit sejauh 200 meter untuk mencapai kawasan Kawah Putihnya Sumatera. Selamat berwisata penuh tantangan!

Banyak keunikan di Kawah Putihnya Sumatera ini, yang tidak dimiliki Kawah Putih Ciwidey. Seperti terdapatnya aliran air sungai yang tercampur dengan curahan air panas. Namun campuran air ini tidak terasa panas. Banyak pengunjung yang mandi di kawasan Kawah Putihnya Sumatera ini. Sungai ini terletak tak jauh dari kawah putih.

Bebatuan kapur yang terlihat seperti telur-telur besar yang sedang berjejer di salah satu tepi kawah terlihat sangat artistik. Apalagi dialiri air panas di atasnya yang senantiasa mengeluarkan asap. Terlihat seperti hiasan air kolam di rumah mewah. Anda tidak akan henti – hentinya berdecak kagum.

Tips Berwisata di Salju Panas Tinggi Raja

  • Sebaiknya datang pada pagi hari dan disarankan datang pada hari biasa bukan hari libur. Karena pada hari libur, area wisata ini sangat ramai sehingga Anda kurang leluasa menikmati keindahan wisata Kawah Putih Tinggi Raja.
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak tersedia kendaraan umum setiap saat di sekitar kawasan Kawah Putihnya Sumatera ini.
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi yang dapat menempuh medan berat. Karena dikhawatirkan kendaraan biasa akan kesulitan menempuh perjalanan yang berbatu kerikil, licin, bahkan kubangan lumpur.
  • Sering bertanya pada penduduk setempat arah menuju tempat wisata Kawah Putihnya Sumatera ini, karena tidak ada plank penunjuk jalan menuju tempat wisata ini.
  • Saat ingin pulang atur waktu jangan terlalu sore, atau Anda akan menghadapi konsekuensi berjalan melalui pepohonan lebat di tengah hutan dalam kondisi gelap gulita

Penerjemah : Han han Ulumuddin | Sumber : Wisata Nasional | Editor  : Talal Syaiqi

 

(16)

تعليقات