إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مستعمرات نجم البحر في سيبولجا !

Surganya Bintang Laut Sibolga Ada di Sini?

- الإعلانات -

0 59

 

جاكرتا، اندونيسيا اليومسيبولجا مدينة ساحلية تقع شمال سومطرة. تتميز كونها إحدى أكبر المستعمرات لنجم البحر حيث يذخر شاطئها بكثير من نجم البحر، (بانداراتان).

ومدينة سيبولجا، في شمال سومطرة تتمتع بالعديد من الوجهات السياحية المثيرة. وأشهرها جزيرة بونكان، ثم جزيرة الشلال جزيرة مورسالا ومائة سلم ولكن لا يعرف الكثيرون أن سيبولغا تضم أيضاً شاطئ بانداراتان الذي يحوي على مستعمرات كبيرة لنجم البحر.

حقيقة الأمر فإنّ وقوع شاطئ باندراتان في ولاية بوندوك باتو، منطقة ساروديك، تفانولي الوسطى، ولكن الوصول إلى هذا المكان سيكون عبر عبورحدود كوتا سيبولجا وتفانولي الوسطى، فصار السكان المحليون يجعلون باندارتان كأنها جزء لا يتجزأ من سيبولجا.

تلك الوجهة السياحية لا تشبه بقية الوجهات الأخرى مثل شاطئ الميناء القديم وشاطئ هوليوود باندان، فالشاطئ عند بانداراتان ليس مزدحماً؛ ذلك بسبب موقعه المستتر تماما وراء الهضبة وبعيدا جدا عن الطريق الرئيسة.

ومع ذلك، فإن هذا لا يعني بحال من الأحوال أن موقعه يصعب الوصول إليه، بل العكس تماما فإنّ لوصول إليه يعد سهلا ًميسوراً، بالذات إذا وضعنا في الحسبان أننا يمكن أن نستقل السيارات الخاصة والمواصلات التي تقل الركاب إلى أقرب نقطة أو قرية لشاطئ بانداراتان.

وقبل الوصول إلى شاطئ بانداراتان، يجب على الزوار الصعود على الهضبة أولا؛ذلك أنَّ السائح سيدهش من روعة المحيط الهندي المطلة عليه مدينة سيبولغا .

رغم أنّ هذا ما هو إلا النذر اليسير مما تتمتع به هذه الجزيرة من جمال الذي يمكن التمتع به في بانداراتان، أما السحر الحقيقي فهويكمن في الشاطئ نفسه . وللوصول إلى الشاطئ، ما علينا ألا النزول قليلا لتلقانا الرمال البيضاء المتصلة بالمياه الصافية من شاطئ بانداراتان .

ومن أعظم العبر التي تدعو للتعجب كون بانداراتان ليس مشهوراً بين السياح، فالشاطئ لا يزال نظيفا جدا أضف إلى ذلك موقع بانداراتان المخفي أيضا يجعل ماء البحر قربه واضحة لتحفظ لنا ذلك الكنز الثمين ألا وهو نجم البحر الذي يوجد بكميات كبيرة.

وحتى اللحظة فإنه لا يوجد أي رسوم الدخول بل الاستمتاع بسحر وجمال بانداراتان مجاناً،.يمكن للزوار الوصول إلى هذا المكان عبر مدينة سيبولجا أوباندان باتجاه شارع غاتوت سوبروتو أو بوندوك باتو.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: دتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sibolga merupakan kota pesisir yang ada di Sumatera utara. Masih banyak yang belum tau kalau Sibolga punya pantai yang isinya bintang laut, Pandaratan.

Kota Sibolga, Sumatera Utara memiliki banyak destinasi wisata seru. Yang paling populer adalah Pulau Poncan, Air terjun Pulau Mursala dan Tangga Seratus. Tapi tidak banyak tahu jika Sibolga juga punya Pantai Pandaratan yang letaknya tersembunyi dan menjadi ‘sarang’ bintang laut.

Pantai Pandaratan sebetulnya berada di Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, namun akses masuk ke tempat ini berada di perbatasan Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, sehingga warga setempat lebih failiar menyebut Pandaratan berada di Sibolga.

Tidak seperti pantai lain misalnya pantai Pelabuhan Lama dan Pantai Hollywood Pandan, Pandaratan belum terlalu ramai dikunjungi. Maklum, lokasinya cukup tersembunyi, berada di balik bukit dan lumayan jauh dari jalan raya utama.

Kendati demikian, bukan berarti sulit dijangkau, aksesnya cukup mudah lantaran bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, bentor dan juga angkutan kota yang sesekali mengantar penumpang ke perkampungan terdekat.

Sebelum menuju ke pantai Pandaratan, pengunjung harus menyusuri jalan dengan kontur sedikit menanjak ke atas bukit terlebih dahulu. Di atas bukit ini, pemandangan laut Samudera Hindia dan Kota Sibolga sangat menakjubkan.

Tapi, itu baru secuil keindahan yang bisa didapatkan di pandaratan, pesona sebenarnya adalah pantainya. Untuk menunju ke pantai, kita harus sedikit menuruni bukit. Sedikit saja, sebelum pasir putih dan jernihnya air pantai Pandaratan bisa digapai.

Ada hikmah tersendiri ketika Pandaratan belum begitu populer di kalangan wisatwan, yakni pantainya yang masih bersih. Lokasi Pandaratan yang tersembunyi juga membuat air lautnya jernih dan menyimpan harta karun berharga yakni bintang laut Bukan hanya satu dua, bintang laut ini berjumlah ribuan.

Untuk menikmati pesona Pandaratan, hingga saat ini belum ada retribusi masuk. Pengunjung bisa mengakses tempat ini melalui Kota Sibolga maupun Pandan ke arah Jalan Gatot Subroto atau Pondok Batu.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Detik

 

(7)

- الإعلانات -